Membentuk karakter dan bakat anak lewat mewarnai oleh IGTKI-PGRI Prov. Jawa Timur

Membentuk karakter dan bakat anak lewat mewarnai oleh IGTKI-PGRI Prov. Jawa Timur

IGTKI-PGRI JAWA TIMUR – pembentukan karakter untuk anak lewat mewarnani merupakan salah satu point penting dalam perkembangannya. melatih imajinasi dan kreatifitas merupakan hal penting dari pembentukan karakter tersebut. selain itu juga mewarnai juga bisa menggali kemampuan anak sampai batas apa imajinasi yang mereka punya.

Menggambar dan mewarnai juga bisa menjadi mood booster bagi anak, sekaligus juga meningkatkan kemampuan memori dan rasa percaya diri. Seni juga dikenal sebagai pereda depresi. Anak yang didiagnosa menderita depresi dapat terbantu kondisinya dengan aktivitas seni. Saat mood anak meningkat, pikirannya akan menjadi lebih rileks dan lebih termotivasi untuk belajar di sekolah.

Lantas bagaimana jika anak tidak suka atau enggan diajak menggambar? Hal itu bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya tidak ada inspirasi atau alat gambar yang tidak sesuai. Samantha menyarankan, untuk menumbuhkan minta anak pada seni bisa dimulai dengan mengenalkan anak pada objek-objek nyata yang bisa digambar. Sekali-kali Anda bisa mengajak anak-anak berkunjung ke museum, misalnya, dimana banyak barang seni dipamerkan. 

Selanjutnya, suplai anak dengan alat gambar dan mewarnai yang beragam. Masing-masing jenis alat gambar memiliki karakteristik dan tantangan masing-masing. Anak Anda mungkin tidak cocok menggambar dengan cat air dan kuas, maka cobalah tawarkan spidol atau pensil gambar. 

Komentar dari orang tua atau orang-orang di sekeliling juga akan berpengaruh terhadap antusiasme anak dalam berkesenian. Jangan pernah beri komentar yang negatif pada gambar anak Anda. Misalnya jika anak menggambar langit dengan warna merah, maka jangan suruh anak untuk mengganti warnanya menjadi biru. Sudah banyak penelitian di Amerika dan Eropa yang membuktikan pentingnya menggambar pada kondisi psikis anak. Oleh karena itu banyak pula sekolah-sekolah di luar negeri yang menyediakan ruang seni bagi para siswanya.

IPUNG CREATOYS yang bekerja sama dengan IGTKI-PGRI Prov. Jawa Timur berkolaborasi untuk memfasilitasi anak-anak dalam mengembangkan karakter dan bakat mereka lewat mewarnai. beberapa daerah khususnya di Prov. Jawa Timur sudah melaksanakan kegiatan positif ini. berikut ini adalah dokumentasi kegiatan yang sudah terlaksana.

Editor : admin
sumber Foto : Ipung Creatoys
Referensi Artikel : Bisnis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *