Lagu Mars PGRI

lagu mars atau musik mars adalah komposisi musik dengan irama teratur dan kuat. musik jenis ini secara khusus diciptakan untuk meningkatkan keteraturan dalam berbaris sebuah kelompok besar, terutama barisan tentara dan paling sering dimainkan oleh korps musik militer. lagu mars dapat dapat di tulis dalam birama genap 2/4, 4/4 tetapi terkadang dalam birama 6/8 atau 2 (genap) x 3/8 dengan tempo cepat.

mars militer dapat dibagi menjadi empat kategori: mars pemakaman, mars lambat (75 langkah per menit), 2 langkah per birama, mars cepat (109 – 128 ketukan per menit).

Sejarah

lagu mars PGRI diciptakan oleh Basuki Endropranoto. nama Basuki Endropranoto sendiri belum banyak dikenal orang, namun beliau pernah menulis buku “mari berjanji: metode bernjani dengan not angka” yang diterbitkan oleh Harapan Masa, Jakarta pada tahun 1960 bersama Baharuddin Harahap serta Buku “Berjanji serta bermain: buku njanjian untuk bersenam dan bermain. untuk kelas II dan kelas III S.R.” juga diterbitkan Harapan Masa, Jakarta pada tahun 1963.

lagu Mars PGRI ini sebagai pendorong kaum guru untuk membangun rakyat dari kegelapan karena guru sebagai penyuluh dan pembimbing bangsa. kaum guru juga diharapkan mengerti dan mengedepankan akan kewajibannya dan mendidik dan mengajar para putra – putri bangsa. serta membangun jiwa sebagai kekuatan Negara.

lyric

PGRI abadi
tetap mempersatukan diri
dengan nama nan sentosa
lahir negara kita

wahai kaum guru semua
bangunkan rakyat dari g’lita
kita lah penyuluh bangsa
pembimbing melangkah ke muka

insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidik mengajar putra – putri
kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara

PGRI abadi
bernaung dibawah sang panji
sinar surya nan merata
anggotanya bersama

wahai kaum guru semua
bangunkan rakyat dari g’lita
kita lah penyuluh bangsa
pembimbing melangkah ke muka

insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidik mengajar p’tra putri
kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara


Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *